Jumat, 09 November 2012

pergi ke poli gigi puskesmas

Hari ini saya mencoba dokter gigi yang ada di puskesmas. Pertimbangan pemilihan puskesmas adalah karna MURAH! Yg jelas lebih murah dari dokter gigi spesialis. Lagipula saya nggak merasa sangat urgen utk pergi ke dokter gigi spesialis. Keluhan saya cuma membetulkan tambalan gigi lama yg sprtinya mulai bermasalah lagi. Yg sakitnya sesekali masih bisa ditahan dgn p*nst*n. Saya ke puskesmas ini untuk pertama kalinya. Puskesmas di kota orang yang kebetulan lokasinya dekat dengan kos-an saya. Saya datang sendiri, antri sendiri, bingung2 sendiri, mengandalkan kemampuan bertanya -yang ternyata tidak semua sesama pasien itu ramah. Apalagi yang sakit gigi. Ya sudahlah gpp. Saya bersyukur saja masih bisa tersenyum ramah meski menahan lapar dan tidak terkena pengaruh p*nst*n pagi ini. Puskesmas. Layanan kesehatan masyarakat yang murah. Saya berangkat jam 7.30. Karena jalan kaki sekitar 15 menit kemudian saya baru sampai di puskemas. Dan ternyata...sudah sangatt antriiii. Hwaahh..syok saya, ga nyangka orang sakit banyak banget yah. Waktu daftar administrasi karna baru pertama kalinya saya ga tau harus gimana. Katanya sih suruh nunggu dipanggil. Tapi ga dipanggil-panggil juga. Sampe akhirnya orang yang 6 no di blkg saya punya inisiatif maju duluan bwt nanya. Dan tnyata dilayani. Ealah...saya kirain bener2 antri..tnyata langsung maju aj tho. Y wes lah gpp namanya juga pertama kali. Saya menghibur diri sediri. Antri ke poli giginya ternyata cukup lama. Saya pikir waktu naik ke tempat poli gigi sudah tinggal menunggu max 5 nomor lagi lah. Ternyata yang dipanggil baru no1. OMG padahal saya no 25. Oalah yo sabar saja lah. Akhirnya waktu tunggu itu diisi dgn nulis blog ini. Hehehe... Waktu nunggu di poli gigi ada anak kecil yg bilang ke ibunya "ma...gigi aku copot ya", dia bilang dengan bangganya. Hmm...dia mengingatkan saya akan masa kecil saya. Dulu waktu kecil SD kira2, saya ke poli gigi juga ditemani ibu saya. Saya menunggu juga sambil ngantuk2. Waktu itu bukan buat tambal gigi. Gigi saya masih bagus banget wktu itu. Masih gigi susu sih. Hehe... Saya kesana justru untuk cabut gigi susu yg saking kuatnya ga maw copot, padahal gigi yg baru udah tumbuh. Bahasa jawanya "kesundulan". Dan cabut gigi itu sakit. Saya masih inget saya nangis kenceng waktu sebelum dan sesudah dicabut. Gabungan perasaan takut dan sakit. Sempurna sudah. Saya pun nangis sejadi-jadinya. Sampai dokter giginya BT kali ya. Jadinya judes banget deh. Padahal kan waktu itu saya masih kecil. Setelah dicopot sambil berusaha menghapus air mata dan sedikit ingus, saya pulang. Sama ibu juga pastinya. Pulangnya naik becak. Becak banyak banget waktu itu. Kena semilir angin sepoi2 rasa sakitnya pelahan hilang. Mungkin cuma rasa canggung si lidah karena kehilangan gigi saja yang masih tersisa. Hmm...dan lagi2 semua itu membuat saya kangen...sangat kangen...buat pulang. Meski sekarang puskesmas itu sudah pindah, ga disitu lagi. Saya kangen jadi kecil dan ditemani ibu ke dokter gigi. Kangen naik becak dgn semilir angin sepoinya. Ahh...sakit gigi membuatku rindu kampung halaman. *catatan 14des2010 disalin dari multiply